Author Avatar

gearoidocolmain

0

Share post:

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menilai, pemerintah harus tegas dalam membuat kebijakan terkait kebijakan masuknya tenaga kerja asing (TKA). Sebab jika hal itu dibiarkan di tengah PPKM Darurat bisa memunculkan ketidakpercayaan publik terhadap pemerintah.

“Kebijakan PPKM Darurat ini harus diikuti dengan contoh dan keteladanan di tempat lain, termasuk para TKA. Jika hal itu benar maka itu bagian dari memprovokasi keadaan. Masyarakat akan merasa diperlakukan tidak adil,” ujar pria karib disapa Gus Jazil dalam keterangan tertulis, Selasa 6 Juli 2021.

Dia menambahkan, pemerintah termasuk petugas Imigrasi harus memberikan penjelasan sedetail mungkin benar atau tidaknya berita puluhan TKA asal China masuk ke Indonesia di tengah PPKM Darurat. Dia meminta, jika memang ada TKA yang datang maka jangan didiamkan.

“Toh memang tidak ada kebijakan penutupan bandara internasional. Kalau didiamkan maka menjadi pro kontra, sehingga publik tidak bertanya-tanya,” kata Wakil Ketua MPR ini.

Gus Jazil meyakini, dalam sebuah kebijakan apalagi yang sangat strategis seperti PPKM Darurat, salah satu kunci suksesnya adalah adanya keteladanan dari pejabat yang mengeluarkan kebijakan, dalam hal ini pemerintah.

“Tunjukkan saja prosedurnya dan mereka yang masuk ini memang sudah aman dari Covid-19. Kalau tidak dijelaskan yang muncul adalah rasa ketidakpercayaan publik,” kata dia.

Gus Jazil melihat PPKM Darurat merupakan kelanjutan dari PSBB dan PPKM Mikro.

“Ini mengindikasikan bahwa skema pemerintah menangani Covid-19 yang sebelumnya dianggap Juli akan menurun atau hilang, ternyata semakin besar dan angkanya fantastis. Kebijakan PPKM Darurat saat ini yang diambil pemerintah sudah tepat. Tetapi kita patut mengevaluasi karena sejak PSBB, PPKM, ternyata hasilnya justru meningkat Covid-19. Artinya belum efektif,” kata dia.

Kabar kembali masuknya tenaga kerja asing (TKA) asal China di tengah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat memicu kritik keras dari berbagai kalangan masyarakat.

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, pemerintah termasuk petugas Imigrasi harus memberikan penjelasan sedetail mungkin soal benar atau tidaknya berita puluhan TKA asal China masuk ke Indonesia di tengah PPKM Darurat.

”Katakanlah itu memang ada TKA yang datang maka jangan didiamkan. Toh memang tidak ada kebijakan penutupan bandara internasional. Kalau didiamkan maka menjadi pro kontram,” ujar Gus Jazil.

“Bagaimana spirit masyarakat bisa terjaga sementara mereka melihat ada TKA bebas masuk. Nyatakan saja bahwa ini legal, ini boleh, memenuhi syarat, misalnya, sehingga publik tidak bertanya-tanya. Kalau sekarang ini kan malah menjadi fitnah,” sambungnya.

Menurut Gus Jazil, dalam membuat sebuah kebijakan apalagi yang sangat strategis seperti PPKM Darurat, salah satu kunci suksesnya adalah adanya keteladanan dari pejabat yang mengeluarkan kebijakan, dalam hal ini pemerintah.

”Kalau itu benar katakan benar. Kalau itu salah katakan salah. Sebab tidak semua TKA masuk itu salah. Katakan saja lalu lintas penerbangan luar negeri ini dibuka. Tunjukkan saja prosedurnya dan mereka yang masuk ini memang sudah aman dari Covid-19. Kalau tidak dijelaskan, yang muncul adalah rasa ketidakpercayaan publik,” papar anggota Komisi III DPR ini.

Ramai diberitakan ada puluhan TKA asal China masuk ke Indonesia melalui Bandara International Sultan Hasanuddin, Makassar pada Sabtu (3/7) pukul 20.25 WITA dari Jakarta. Mereka menggunakan pesawat Citilink QG-426 di tengah masa PPKM Darurat wilayah Jawa-Bali.

Namun, Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara, menyatakan kalau puluhan TKA China itu sudah tiba di Indonesia pada 25 Juni 2021 untuk kemudian terbang ke Makassar pada 3 Juli 2021.

Kapolri Minta Perusahaan dan Pekerja Patuhi PPKM Darurat