Author Avatar

gearoidocolmain

0

Share post:

Sekarang ini Indonesia ditandai oleh kedaulatan rakyat termanifestasi dalam pemilihan parlemen serta presiden pada setiap lima tahun sekali. Semenjak berakhirnya Orde baru yang dipimpin oleh presiden Suharto dan mulai periode reformasi, tiap pemilu yang ada di Indonesia dianggap bebas dan adil. Tetapi, Indonesia sebenarnya masih belum bebas dari korupsi, nepotisme, dan kolusi loh. Apalagi, politik uang yang mana orang lain akan bisa membeli kekuasaan maupun posisi dalam politik. Contohnya seperti segmen miskin masyarakat Indonesia yang didorong untuk memilih calon presiden tertentu di hari pemilihan dengan menerima uang kecil yang ada di kotak suara. Hal – hal curang seperti ini secara sadar masih dilakukan dan bahkan seakan jadi hal yang wajar. Lalu, bagaimana sih gambaran politik di negara ini dari tahun ke tahun?

1. Orde Lama Soekarno

Orde Lama Soekarno

Soekarno yang merupakan presiden pertama di Indonesia merupakan sebuah ikon nasionalos yang melawan para penjajah. Namun, setelah kemerdekaan tercapai, ia punya tugas yang cukup berat untuk memimpin negara baru yang masih trauma dari masa lalu serta konflik kekuatan politik serta sosial yang ada di masa kemerdekaan.

2. Ikhtisar Struktur Politik Indonesia

Ikhtisar Struktur Politik Indonesia

Bagian yang satu ini merupakan bahasan atas struktur sistem politik di Indonesia yang sekarang ini ada. Berbagai topik yang termasuk dengan peran agama umumnya agama islam serta pengambilan kebijakan politik serta keterangan pemisahan kekuasaan yaitu eksekutif, yudikatif, dan legislatif juga ada pada bagian yang satu ini. Saat ini pun, Kabinet Kerja yaitu dari tahun 2014 sampai saat ini di bawah kepemimpinan Jokowi sedang memerintah Indonesia.

3. Masa Penjajahan Indonesia

Masa Penjajahan Indonesia

Datangnya bangsa Eropa yang tertarik dengan perdagangan rempah adalah titik balik utama yang ada pada, sejarah kepulauan. Mempunyai teknologi yang lebih canggih hingga persenjataan yang baru di tangan, mereka pun berhasil jadi pemegang kekuatan ekonomi sekaligus dan politik yang berpengaruh serta bisa mendominasi kepulauan ini.

4. Orde Baru Soharto

Orde Baru Soharto

Suharto sebagai presiden kedua dari Indonesia kemudian berhasil mengambil kekuasaan di tahun 1960 an di tengah pergolakan yang ada. Pemerintah yang ada di orde baru pun memerintah Indonesia selama lebih dari 30 tahun serta pemerintahan tersebut ditandai oleh perkembangan ekonimi namun juga penindasan dan korupsi.

5. Masa Prakolonial Indonesia

Masa Prakolonial Indonesia

Nusantara isinya adalah berbagai entitas politik semenjak sejarah awal. Entitas ini lalu berevolusi dari pusat politik yang ada di sekitar perorangan di mana para pemimpinnya diwujudkan di dalam diri seseorang yang punya keterampilan tertentu serta kharisma dan juga menyatakan diri sebgai orang yang mirip tuhan sampai punya kekuatan supranatural.

Itulah bagaimana masa politik di Indonesia. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian.

Petugas Lapas Tangerang Jadi Tersangka Kasus Kebakaran, Loh?
Siapa Saja Sih Nama Presiden di Indonesia?