Author Avatar

gearoidocolmain

0

Share post:

Semenjak kemerdekaan Indonesia di tahun 1945 sampai dengan sekarang, Indonesia memang sudah dipimpin oleh 7 orang presiden. Sekarang ini pun, sistem pemilihan presiden yang ada di Indonesia dilakukan dengan melakukan pemilihan Umum atau Pemilu. Hal ini dilakukan sebanyak 5 tahun sekali dengan maksimal menjabat selama 2 periode atau selama 10 tahun. Lalu, sebagai seorang kepala pemerintahan, presiden nantinya akan dibantu oleh wakil presiden serta kebinet judi online yang memegang kekuasaan eksekutif demi melaksanakan tugas pemerintah. Lalu, siapa saja sih nama presiden Indonesia yang pernah menjabat di Indonesia?

1. Abdurrahman Wahid

Abdurrahman Wahid

Abdurrahman Wahid atau yang juga biasa dipanggil dengan Gus Dur menjadi seorang presiden ke 4 di Indonesia dan ia didampingi oleh wakil presidennya yaitu Megawati Soekarnoputri pada periode yang sama. Mereka pun menjabat mulai dari tanggal 20 Oktober 1999 sampai dengan tanggal 23 Juli 2001.

2. Soekarno

Soekarno

Soekarno serta Mohammad Hatta sudah menjabat semenjak periode 18 Agustus 1945 sampai dengan tanggal 12 Maret 1967 sebagai presiden serta wakil pertama yang memimpin di Indonesia pasca kemerdekaan Indonesia. Tetapi, di tanggal 1 Desember 1956, Mohammad Hatta pun mengundurkan dirinya dari jabatannya sebagai seorang wakil presiden dan setelah itu terjadilah kekosongan jabatan di sini.

3. BJ Habibie

BJ Habibie

BJ Habibie mulai menduduki kursi presiden dalam waktu yang cukup singkat yaitu hanya selama 17 bulan saja mulai dari tanggal 21 Mei 1998 sampai dengan 20 Oktober 1999. Sepanjang pemerintahannya ini belum ada wakil presiden yang terpilih karena pemilihan serta penggantiannya dilakukan di dalam mekanisme dari DPR saat itu.

4. Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri

Menjadi satu – satunya presiden perempuan yang menjabat sebagai presiden ke 5 pada periode 23 Juli 2001 sampai dengan 20 Oktober 2004, membuat Megawati banyak dikagumi. Putri Soekarno tersebut juga didampingi oleh Hamzah Haz sebaga wakilnya dengan periode yang sama. Megawati sendiri juga dikenal sebagai pendiri Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP sampai saat ini.

5. Soeharto

Soeharto

Soeharto mulai menjabat menjadi presiden di Indonesia mulai dari tanggal 12 Maret 1967 atau lewat peristiwa supersemar sampai dengan tanggal 21 Mei 1998 yang berujung kepada aksi reformasi yang menggemparkan. Selama ia menjabat, wakil presiden yang menemani dirinya terus berganti, mulai dari Hamengkubuwono IX, BJ Habibie, dan maish banyak lagi.

Itulah berbagai nama presiden yang poernah menjabat di Indonesia. Urutan di atas tidak menggambarkan urutan siapa yang menjadi presiden duluan. Kalau mau tahu urutan yang benar, itu mulai dari Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Gus Dur, lalu megawati. Setelah Megawati, masih ada SBY dan Jokowi yang sekarang menjabat. Semoga bermanfaat.

Perkembangan Politik di Indonesia
Partai Politik Terkuat di Indonesia, Kamu Tim Mana?